Pegas Daun dan Bongkar Pasangnya

Pegas adalah suatu komponen yang berfungsi untuk  menerima beban dinamis dan memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Fungsi menghilangkan getaran karoseri yang di akibatkan oleh permukaan jalan yang tidak rata dan menjamin roda menapak pada permukaan jalan.

Macam-macam pegas

  1. Pegas daun
pegas daun
pegas daun

Pegas daun wajib digunakan pada kendaraan roda empat, selain meredam kejut pegas ini juga mempunyai daya tahan tinggi untuk kendaraan bermuatan berat.

Sifat-sifat :

  • Kontruksi sederhana
  • Dapat meredam kejut
  • Berfungsi sebagai lengan penyangga

Penggunaan :

Aksel depan, belakang, tanpa/dengan penggerak roda.

Pembongkara dan pemasangan

ALAT BAHAN
  • Set kotak alat
  • Set kunci kontak
  • Dongkrak
  • Palu besi
  • Drip
  • Sikat baja
  • Bor
  • Mistar Baja
  • Mobil
  • Bak Plastik
  • Vet
  • Kain Lap

KESELAMATAN KERJA

  • Hati – hati sewaktu menurunkan pegas daun, minta tolong seorang dengan menggunakan dongkrak
  • Pasang ganjal pada roda, sewaktu menurunkan aksel belakang

  • Bantalan
  • Peredam Getaran
  • Baut “U”
  • Pin Penggantung
  • Plat Penahan
  • Pegas Daun
  • Karet Pembatas
  • Pin
  • Plat Pembawah

Langkah kerja

Pembongkaran

  • Angkat mobil bagian belakang sampai roda menggantung dan beri penyangga pada bodi / kerangka
  • Lepas poros propeler pada penggerak aksel belakang
  • Lepas peredam getaran dan baut penahan stabilisator, bila ada!
  • Lepas plat pembawah dan baut “U”, ganjal roda!
  • Lepas palt penahan
  • Tahan pegas daun dengan dongkrak dan keluarkan pin penggantung
  • Beri tanda untuk pegas daun bagian depan
  • Turunkan dongkrak dan lepas pin
  • Keluarkan pegas daun dan pasang pada ragum
  • Buka klem pegas daun atau bor keling pada klem
  • Buka baut senter pegas daun
  • Bongkar pegas daun

Perhatikan!

  • Kondisi pegas daun, retak atau aus yang berlebihan, ganti!
  • Klem pegas daun rusak atau putus, ganti!
  • Kondisi baut “U”, retak, aus atau ulirnya rusak, ganti!
  • Ulir baut senter pegas daun, rusak, ganti!
  • Kondisi karet pembatas, rusak atau sobek, ganti!

Petunjuk Pemasangan

  • Beri vet tahan air pada permukaan kontak pegas daun
  • Ukur! Ketinggian pegas daun sebelah kanan dan kiri, harus sama.

  • Untuk kendaraan khusus biasanya jarak antara sumbu pegas daun depan dan belakang tidak sama (lihat buku manual)

  • Kembalikan tanda seperti semula
  • Lakukan pemasangan sesuai dengan kebalikan pembongkaran.

Bila pegas daun retak atau putus, jangan disambung dengan las!

Penggantian Karet Bantalan Pegas Daun

Penggantian Karet Bantalan Pegas Daun

ALAT

BAHAN

WAKTU

–        Set kotak alat-        Set kunci sok-        Dongkrak-        Palu besi-        Drip-        Skrap Segitiga –        Mobil-        Rak Plastik-        Vet Silikon-        Kain lap –        Latihan: 3 jam

KESELAMATAN KERJA

Jangan memberi penyangga tiga kaki pada aksel belakang

  • Mur
  • Pin
  • Baut
  • Penggerak aksel
  • Pegas daun
  • Pin gantungan
  • Bantalan karet
  • Plat penahan

Langkah kerja

  • Angkat mobil bagian belakang sampai roda menggantung dan beri penyangga pada bodi / kerangka.

Pembongkaran bantalan karet depan

  • Lepas mur dan baut pengikat pin bagian depan pegas daun
  • Tahan aksel belakang dengan dongkrak
  • Keluarkan pin dan satu sisi bantalan karet
  • Turunkan aksel belakang dan keluarkan satu sisi bantalan karet pegas daun

Pemeriksaan

  • Bersihkan busing pegas daun dan pin (pakai skrap segitiga)
  • Periksa kondisi pin, bila bengkok atau aus, ganti!
  • Periksa kondisi ulir pada pin, rusak, ganti!
  • Bantalan karet yang rusak, retak dan aus, ganti!

Pemasangan

  • Beri sedikit vet silikon pada busing pegas daun dan pin
  • Pasang kembali bantalan karet, sesuai langkah kebalikan pembongkarannya

Pembongkaran bantalan karet belakang

  • Lepas mur klem gantungan dan keluarkan plat penahan
  • Tahan aksel belakang dengan dongkrak
  • Keluarkan pin gantungan dan perhatikan posisinya, bila perlu beri tanda!
  • Keluarkan bantalan karet

Untuk pemeriksaan dan pemasangan adalah sama dengan mengganti bantalan karet depan.

Jangan mencuci bantalan karet dengan solar atau bensin.

by: joko|sumber: http://winof.wordpress.com|http://xlusi.com

About pistonmotocross

testing

Posted on November 4, 2011, in maintenance, pegas daun, sistem suspensi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: